Manajemen gudang adalah bagian paling penting dalam aktivitas logistik. Kesuksesan Anda dalam memenuhi pesanan pelanggan bergantung pada pengelolaan inventaris di gudang Anda. Jika Anda membiarkan gudang Anda berantakan, maka Anda harus menghadapi berbagai konsekuensi seperti inventaris yang rusak atau hilang, keterlambatan pengiriman produk, dan lainnya. Semua itu dapat dengan mudah dihindari jika Anda memiliki manajemen gudang yang baik. Berikut ini kami berikan tujuh tips manajemen gudang untuk membantu mengoptimalkan pengelolaan inventaris Anda.

1. Atur ruang & tata letak gudang Anda
Cara paling dasar yang harus dilakukan adalah mengatur ruang dan tata letak gudang. Rencanakan penggunaan setiap area di gudang Anda. Pastikan area gudang Anda memudahkan proses keluar dan masuknya barang. Tandai setiap rak sehingga staf Anda tidak kebingungan saat menaruh dan mengambil barang. Pastikan juga area gudang Anda cukup untuk dilalui mesin pembawa barang.

2. Letakkan barang sesuai tingkat permintaannya
Simpan barang-barang yang memiliki paling banyak permintaan atau cepat terjual di area yang mudah diakses oleh staf Anda, misalnya di dekat area pengepakan atau pengiriman. Cara ini akan sangat menghemat banyak waktu dana tenaga, sehingga akan ada lebih banyak tugas yang bisa diselesaikan.
Untuk dapat mengidentifikasi barang yang cepat terjual dan yang tidak, pertimbangkan untuk menggunakan solusi inventaris otomatis. Melalui alat ini, Anda juga dapat menganalisis tren dan permintaan pelanggan sehingga Anda dapat membuat keputusan bisnis yang lebih baik.

3. Tingkatkan keamanan gudang
Hindari kehilangan inventaris dengan meningkatkan keamanan gudang Anda. Sediakan kartu akses untuk staf yang bertugas mengelola barang di gudang. Pasang kamera pengawas di setiap lorong gudang untuk mengawasi siapa saja yang masuk dan keluar gudang. Agar mudah mengidentifikasi mana yang staf dan mana yang bukan, sebaiknya Anda mewajibkan staf gudang untuk mengenakan seragam dan kartu identitas mereka.

4. Beri label pada setiap barang
Pastikan seluruh barang Anda sudah memiliki kode SKU dan barcode. Pastikan juga tidak ada label yang double atau terduplikasi. Untuk mempermudah pelacakan dan pengambilan barang, gunakan sistem manajemen inventaris yang terintegrasi dengan SKU atau barcode scanner.

5. Kurangi penyimpanan barang dengan cross docking
Untuk menghemat waktu dan tempat serta mempercepat pengiriman, Anda bisa melakukan prosedur cross docking. Artinya Anda hanya membutuhkan sedikit waktu (atau tidak sama sekali) untuk menyimpan barang masuk. Ini bisa dilakukan dengan menyortir barang yang Anda terima dari supplier dan menaruhnya ke gudang transit (jika ada) atau langsung ke truk barang untuk ke tujuan yang sama.

6. Latih karyawan demi manajemen gudang yang lebih baik
Karyawan yang bertanggung jawab pada inventaris harus bisa mempraktikkan manajemen gudang yang baik. Mereka juga harus patuh terhadap segala tata tertib di gudang. Oleh karena itu, pelatihan karyawan penting untuk dilakukan.
Perkenalkan mereka pada sistem manajemen inventaris yang perusahaan Anda gunakan agar mereka dapat memanfaatkannya dengan baik. Pantau kinerja mereka dan izinkan mereka memberikan feedback untuk membantu Anda meningkatkan manajemen karyawan di perusuhaan Anda.

Segera kunjungi Marketing Gallery Duta Indah Sentoha di Moh. Toha, Tangerang yang merupakan sebuah Kawasan Bisnis dan Industri Terbesar di Tangerang dan dapatkan promo menarik dari Duta Indah Sentoha setiap pembelian Ruko dan Gudang Multiguna!

INFO: Untuk info lebih lanjut mengenai Duta Indah Sentoha, anda bisa menghubungi marketing di (021) 593-00-999.

By | 2018-09-27T13:43:28+00:00 September 27th, 2018|Marketing, News, Promotion|