Sebagai sebuah perusahaan, persediaan adalah hal penting yang harus diperhatikan oleh setiap pengusaha. Kelebihan atau kekurangan persediaan akan berdampak pada kerugian dalam perusahaan karena setiap persediaan memiliki jangka waktu untuk penyimpanan. Semakin lama barang disimpan di dalam gudang, persediaan akan rentan rusak, sementara sebaliknya jika persediaan di dalam gudang habis maka perusahaan tidak bisa menjualnya kepada pelanggan/pembeli.

Oleh karena itu, manajemen persediaan sangat penting untuk diterapkan dalam mengelola suatu bisnis. Dengan manajemen persediaan yang telat maka perusahaan bisa meminimalkan kerugian. Berikut ini ada 5 cara efektif untuk mengelola persediaan barang dalam bisnis:

1. Lakukan Perencanaan Persediaan
Persediaan yang kurang maupun berlebih akan mengakibatkan kerugian bagi perusahaan. Untuk itulah, Anda perlu melakukan perencanaan dalam mengelola perencanaan persediaan barang. Selain untuk mengurangi risiko kerugian, perencanaan perseiaan akan membantu pengusaha saat akan melakukan pemesanan barang. Dengan perencanaan yang matang, persediaan barang akan sesuai dengan kebutuhan.

2. Pahami Sistem Persediaan
Banyak pengusaha yang tidak memahami sistem persediaan barang yang mengakibatkan penyimpanannya di dalam gudang terlalu lama. Hal tersebut dapat memicu kerusakan pada barang. Dengan tidak memahami sistem persediaan, perusahaan akan menanggung beban lebih besar yang berdampak pada kerugian. Oleh karena itu, Anda perlu menentukan sistem persediaan yang cocok, sistem perpetual atau periodik. Sistem perpetual adalah sistem di mana setiap barang yang masuk dan keluar akan dicatat secara rinci di dalam pembukuan, sementara sistem periodik adalah sistem yang menghitung jumlah persediaan pada akhir periode (pembukuan).

3. Tentukan Standard Operating Procedure (SOP)
Persediaan dalam bisnis kecil dan menengah bisa diawasi langsung oleh pengusaha. Namun, apabila bisnis sudah berkembang maka biasanya pengawasan barang dilakukan oleh manager atau supervisor gudang. Keberadaan manager atau supervisor akan membantu menghindari kesalahan dalam pencatatan strok barang sehingga risiko kelebihan atau kekurangan persediaan barang.

4. Buatlah Jadwal Persediaan
Mengatur jadwal persediaan akan memudahkan pengusaha untuk mengelola persediaan di dalam gudang. Dengan jadwal persediaan akan membantu meminimalkan risiko kerugiaan dan terhindar dari barang rusak atau kedaluwarsa.

5. Hitung Anggaran Persediaan
Anda perlu menghitung berapa uang yang telah dikeluarkan untuk membeli persediaan barang.
Berikut adalah beberapa trik dalam mengelola persediaan barang yang ada di gudang dengan baik, semoga bermanfaat. Segera kunjungi Marketing Gallery Duta Indah Sentoha di Moh. Toha, Tangerang yang merupakan sebuah Kawasan Bisnis dan Industri Terbesar di Tangerang dan dapatkan promo menarik dari Duta Indah Sentoha setiap pembelian Ruko dan Gudang Multiguna!

INFO: Untuk info lebih lanjut mengenai Duta Indah Sentoha, anda bisa menghubungi marketing di (021) 593-00-999.

By | 2018-09-20T11:55:30+00:00 September 20th, 2018|Marketing, News, Promotion|